Jumat, 12 Agustus 2011

Superkomputer Membantu Penelitian Kangker

Ontario Cancer Institute tengah membuat superkomputer yang dapat membantu menemukan cara mengatasi kanker yang lebih efektif. Tujuan dari riset yang berumur 10 tahun tersebut adalah mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kangker dengan mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai macam algoritma untuk menganalisa data kompleks.

Selain Ontario Cancer Institute, tim tersebut juga memiliki ilmuwan dari Princess Margaret Hospital, University Health Network and Buffalo dan Hauptman-Woodward Medical Research Institute.

Pemimpin proyek, Igor Jurisica mengatakan bahwa mendesain obat yang dapat mengatasi kangker memerlukan analisa interaksi protein. Berbagai algoritma diperlukan untuk menginterpretasikan banyak data.

Bagian lain dari penelitian juga mencakup pemahaman struktur protein untuk menemukan cara mengatasi kangker. Hal ini membutuhkan pembentukan kristal dan menentukan kondisi optimal untuk membentuk kristal berkualitas. Namun pendekatan ini terhadang “masalah teknologi informasi yang besar,” kata Jurisica, dengan kombinasi protein menghasilkan lebih dari 90 juta gambar untuk dianalisa dan diinterpretasikan.

“Jadi tugas kami adalah untuk membuat algoritma yang dapat menganalisa dan mengklasifikasi gambar untuk mendapatkan hasil dari eksperimen. Kita membutuhkan kekuatan komputer yang luar biasa untuk menangani kompleksitas ini,” kata Jurisica.

Yayasan ini menggunakan superkomputer IBM System Cluster 1350 dengan DCS9550 Disk Storage System dan perangkat lunak Deep Computing Visualization dari IBM untuk menciptakan gambar beresoluti tinggi yang dibutuhkan untuk analisa. Sistem juga mencakup 1.344 core processor dalam sebuah cluster Linux yang berkinerja 12.5 teraflops (3 triliun kalkulasi per detik) dengan kapasitas penyimpanan 150TB.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar