Jumat, 12 Agustus 2011

Adobe PDF Menjadi Standar ISO 32000-1

Logo ISOSekitar setengah tahun yang lalu ISO telah menyetujui untuk mengadopsi format Adobe Portable Document Format (PDF) 1.7 menjadi standar ISO. Proses standarisasi ini selesai hari Rabu kemarin dan ISO mengumumkan bahwa PDF telah terlahir kembali sebagai “ISO 32000-1:2008” sepanjang 747 halaman.

Adobe sebagai pengembang utama dan pemegang paten PDF memberikan spesifikasi versi 1.7 untuk dipelajari ISO yang berbasis di Genewa pada tanggal 29 Januari 2007. Satu setengah tahun setelah itu, dengan bantuan dari Association for Information and Image Management (AIIM), akhirnya proses sertifikasi ISO terselesaikan.

Kevin Lynch, Chief Technology Officer Adobe mengatakan bahwa “dengan merilis spesifikasi PDF penuh untuk standarisasi ISO, kami membuktikan komitmen kami terhadap keterbukaan. Dengan semakin banyaknya pemerintah dan perusahaan yang meminta format terbuka, pemeliharaan spesifikasi PDF oleh pihak ketiga akan terus mendorong inovasi dan memperluas ekosistem PDF yang telah berevolusi dalam 15 tahun terakhir.”

Mulai saat ini ISO bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara format PDF di masa depan.

Walaupun banyak dipakai di web, PDF juga memiliki beberapa kekurangan seperti lamanya waktu yang dibutuhkan untuk dibuka melalui Adobe Acrobat. Apple telah mengintegrasikan kapabilitas PDF ke dalam browser Safari sementara pengguna Firefox menggunakan solusi pihak ke tiga seperti Foxit untuk mempercepat proses. Google juga sudah sejak lama menawarkan pilihan “view as HTML”.

Format lainnya yang baru-baru ini menerima sertifikasi ISO termasuk format Microsoft Office Open XML, yang telah menerima suara untuk persetujuan pada bulan April lalu.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar