Kamis, 06 Oktober 2011

Pandangan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya?

Percayakah Anda pandangan pertama sangat menentukan? Dalam segala hal, dalam segala aspek kehidupan! Ketika pandangan pertama begitu menggoda maka selanjutnya….? Saya yakin Anda tahu terusan kalimat tersebut. Atau simak saja Slank dan Nirina saat menyanyikan lagu tersebut. Bagi saya pribadi “pandangan pertama” termasuk dalam satu aspek yang “tidak begitu penting” meski memiliki nilai lebih tentunya. Namun jujur saja, satu sisi terkadang “pandangan pertama” membuat saya begitu terlena dalam menilai pribadi seseorang dan selanjutnya bisa dengan mudah membuat saya “fall in love” menyimpan simpati dan sekedar berdecak kagum. Dan sebaliknya, terkadang “pandangan pertama” membuat saya langsung ilfeel, kehilangan simpati dan akibatnya saya pun menjauh dan semakin jauh. *serasa* Terlepas apakah dia seorang makhluk Tuhan yang paling sexy atau sama-sama pejantan tangguh! Atau bahkan kepada benda statis sekalipun. Begitupun dengan “pandangan pertama” saat kita berkunjung ke sebuah web atau blog. Saat melihat situs web atau blog dengan design yang indah, terang namun teduh, jelas list menunya, jumlah dan kualitas widget yang proporsional, iklan yang tidak berserakan (mohon maaf kalau blog saya berserakan juga, harap maklum), bersih (dalam artian putih tidak gelap) maka penilaian kita terhadap sang pemilik web/blog akan berbeda dengan sebuah web/blog dengan design layout yang tidak jelas tata letak widgetnya, gelap atau remang-remang mirip warung di kawasan sebelah, serta menu lainnya ditambah loading page yang kelamaan semakin menambah daftar panjang perasaan untuk tidak berkunjung yang kedua kali. Memang banyak juga yang tidak mempermasalahkan “tampilan luar” dengan alasan yang penting isinya bung, berbobot! Dan yang paling penting lagi penghasilannya bung, mengalir deras! Dan selera orang itu berbeda-beda bung! My taste!. Mungkin saya menilai indah tapi belum tentu orang lain begitu atau sebaliknya Anda menilai bagus sedang saya belum tentu. Saat pertama berkunjung ke blognya Iman, saya tidak menyangka blog dengan template bagus itu punya anak kelas tiga SMP. Jadi bagaimana dong? Saya pribadi termasuk tipe yang tergoda dengan pandangan pertama tetapi dengan tidak mengenyampingkan isi tentunya. Karena bagaimanapun keduanya haruslah seimbang; cantik-menarik dengan kepribadian yang halus, atau tampan rupawan dengan kepribadian yang tangguh. Tipsnya? Saya tidak bisa merekomendasikan pihak penyedia theme atau template untuk masalah tampilan blog Anda, karena itu tadi, selera orang berbeda-beda. Namun saya hanya bisa menyarankan rajin-rajinlah blogwalking, melihat dan memperhatikan blog orang lain, jika tertarik dengan templatenya Anda bisa memperhatikan bagian footer blog tersebut, biasanya disana terdapat link pembuatnya. Tapi kalau Anda bisa membuat sendiri ya lebih baik. Jika sebuah template mempunyai banyak host (URL) image, misalkan http://image.com/background.jpg, maka save image tersebut dan host ulang image Anda misalkan jadi http://nama.googlepages.com/image/background.jpg. Hal ini cukup penting jika pihak penampung image tersebut sedang down atau tengah maintenance servernya, maka image blog Anda akan tidak tampak, hal ini terjadi saat kemarin photobucket maintenance sebagian image blog saya yang di blogspot hilang dan hanya terlihat kalimat “your image will be show soon” dan itu mengganggu sekali keindahan blog. *Additional* Tapi masih mending maintenance kalo sudah didellete atau dipindahkan maka imagenya akan tampil seperti ini, This Image has move or dellete Nah bagi pengguna account gmail Anda dapat mengaktifkan layanan googlepages untuk menyimpan file image tersebut. Browser pun ternyata cukup memberikan kontribusi penting untuk tampilan blog Anda. Karena tidak semua pengguna internet menggunakan browser yang sama. Mungkin di Firefox dan Flock tampilannya terlihat bagus dan ” begitu sempurna” (terlepas apakah Andra and the Backbone atau Gita Gutawa yang menyanyikan) tapi belum tentu di IE atau Opera begitu juga, demikian pula sebaliknya. Oleh karenanya rajinlah pula mengecek blog Anda di berbagai browser. Saya sendiri menginstal beberapa browser diantaranya yang paling utama dan terbaik dan aman dari spyware, spam dan virus adalah Mozilla Firefox, lalu Flock browsernya para blogger sebagai ganti Netscape, Aple Safari, Opera, dan IE7. untuk meninjau tampilan blog dan sejauh ini masih kompatible dengan berbagai browser, jika tampilan blog ini di browser Anda down, jangan sungkan kontak saya atau post comment di bawah. Terimakasih! :smile:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar